Gromming dan Etika Petugas Cleaning Service Yang Harus Dijaga!

sertifikasi bnsp surabaya
Program Sertifikasi BNSP Cleaning Service di Surabaya
Maret 31, 2020
sertifikasi iso surabaya
Sertifikasi ISO Surabaya
Juli 16, 2020

Gromming dan Etika Petugas Cleaning Service Yang Harus Dijaga!

etika cleaning service

Etika Petugas Cleaning Service Dalam Bekerja Dimanapun dan Kapanpun

Dalam kehidupan sehari-hari, etika merupakan hal yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan dalam setiap hubungan sosial. Baik itu didalam hubungan pekerjaan maupun diluar pekerjaan. Karena pada dasarnya etika menjadi ukuran sikap kita terhadap orang lain. Tak terkecuali bagi petugas cleaning service yang harus menawarkan jasa pembersihan dengan etika yang baik.

Bagi para petugas cleaning service menjaga etika dengan baik merupakan salah satu penentu kesuksesan perusahaan cleaning service itu sendiri. Berikut kami akan menjelaskan beberapa etika yang harus diperhatikan petugas cleaning service dalam bekerja diantaranya:

Etika saat sudah mulai bekerja

Menjadi petugas cleaning service haruslah selalu menjaga etika dengan baik, salah satunya ketika bekerja pagi hari, seorang petugas cleaning service harus datang lebih awal dari pada yang lain. Umumnya seorang cleaning service datang awal pada pagi hari untuk membersihkan sisi ruangan gedung atau perkantoran. Menjadi orang yang pertama datang menjadi petugas cleaning service merupakan tanggung jawab yang besar dan harus selalu menjaga etikanya dengan baik setiap saat.

Salah satu etika yang penting untuk selalu dijaga adalah menerapkan prinsip 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) saat bertemu dengan orang-orang. Penerapan prinsip etika 5S sangat penting karena dapat menjaga nama baik perusahaan (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) selain itu juga dapat membuat suasana lingkungan kerja hangat dan menampilkan citra yang baik bagi perusahaan jasa cleaning service.

Etika dalam pergaulan

Berada di dalam suatu kantor membuat petugas cleaning service tidak dapat menghindar dari bertemu dengan banyak pekerja lainnya. Berkat komunikasi dan interaksi yang baik maka akan terjalin dan tercipta hubungan sosial yang baik pula salah satu tujuannnya yaitu agar dapat menghormati antar sesama pekerja. Untuk itu, sangat penting bila petugas cleaning service harus menjaga etika pergaulan dalam berkomunikasi antar pihak yang satu dengan yang lainnya.

Untuk menjaga etika yang baik dalam pergaulan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

  1. Senantiasa sopan, santun dan ramah kepada setiap orang
  2. Menunjukkan sikap empati
  3. Mengendalikan emosi
  4. Tidak menyakiti perasaan orang lain
  5. Saling membantu

Etika berpakaian (Grooming)

Kerapian pakaian bukan hanya menunjukan citra diri dari seorang petugas cleaning service namun juga dapat menunjukan etika dari seorang petugas cleaning service. Oleh karena itulah cara berpakaian selama bekerja merupakan salah satu hal yang harus dan wajib diperhatikan. Mengapa demikian? Karena dalam hal berpakaian jika petugas cleaning service tidak menerapkan etika dalam berpakaian maka perusahaan jasa cleaning service tempat dia bekerja akan dipertanyakan.

Mitra Indonesia Bersih sebagai jasa pelatihan cleaning service selalu memperhatikan dan menerapkan standar grooming bagi para peserta pelatihannya. Mulai dari rambut bagi laki-laki harus pendek dan tertata rapi, tidak berkumis maupun berjenggot. Bagi wanita boleh memakai make up dengan sewajarnya. Pakaian yang digunakan juga harus seragam yang telah ditentukan secara rapih, kaos dalam berwarna putih, sepatu pantofel yang diikuti dengan kaos kaki serta ikat pinggang berwarna hitam dan penggunaan hairnet bagi wanita. Dengan berlakunya standar grooming di tempat pelatihan kami mampu menjaga citra kredibilitas lewat gaya dalam berpenampilan yang diajarkan pada pelatihan cleaning service Mitra Indonesia Bersih.

Etika dalam berkomunikasi

Setiap pekerjaan cleaning service yang dilakukan bersama tentu membutuhkan komunikasi antar personal. Komunikasi yang terjalin dengan baik membuat kerjasama dalam bekerja menjadi lebih mudah dan lebih ringan untuk dilakukan.  Seorang petugas clening service yang baik perlu memperhatikan etika dalam berkomunikasi antar rekan kerjannya, atasan, maupun dengan klien tempat ia bekerja.

Etika yang baik dalam berkomunikasi jika diterapkan dalam bekerja akan membuat jalannya kerjasama menyadi lebih nyaman untuk dilakukan. Karena pada dasarnya, komunikasi yang tidak dibarengi dengan etika yang baik akan merusak hubungan antar personal di tempat kerja. Untuk itu, selalu perhatikan  etika dalam berkomunikasi ditempat kerja seperti berikut ini:

  1. Menatap lawan bicara saat berbicara
  2. Menggunakan bahasa yang santun
  3. Menjaga nada bicara
  4. Menjadi pendengar yang baik
  5. Hindari pembicaraan yang menjelekkan orang lain
  6. Tidak memotong pembicaraan

Menerapkan berbagai etika yang baik tentu sangat berpengaruh terhadap penilaian kinerja seorang petugas cleaning service. Selain kualitas pembersihan, etika juga merupakan hal yang sangat penting. Karena etika yang baik sangat berpengaruh pada kualitas hasil kerja dan membuat orang yang disekelilingnya merasa nyaman.

Jika Anda berminat untuk mengikuti training cleaning service, Anda bisa menghubungi kontak kami atau langsung datang ke alamat kami.

Alamat

 : Perum Gunungsari Indah AX 12 Surabaya.


Kontak

 : 082232684599 : 082232684599 : 082330040245 : 082330040245

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TELEPHONE